Beberapa Rekomendasi Aplikasi Android untuk Menunjang Bisnis

Bagi para pebisnis atau pemilik usaha, mereka tentu ingin selalu mengembangkan bisnis mereka dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu dijaga saat mengembangkan sebuah bisnis seperti komunikasi antar divisi, transparansi keuangan, arah kebijakan, serta interaksi dengan klien atau konsumen. Untuk melakukan berbagai macam hal tersebut, para pemilik usaha tentu membutuhkan alat atau fitur yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sementara itu, pada era globalisasi ini, penggunaan ponsel berbasis Android semakin meningkat. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang bisa digunakan dalam ponsel Android termasuk aplikasi yang bisa mendukung bisnis. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang memanfaatkan beberapa aplikasi Android agar bisa menunjang kemajuan bisnis yang mereka miliki.

Macam – Macam Aplikasi Berbasis Android untuk Bisnis

Salah satu aplikasi Android yang bisa digunakan untuk mendukung perkembangan bisnis adalah Google Spreadsheet. Aplikasi ini memang dikembangkan oleh Google dan menawarkan dua pilihan mode yaitu pribadi dan bisnis. Bagi para pemilik usaha, mereka bisa memilih Google Spreadsheet dengan mode bisnis. Lantas, fitur apa saja yang ditawarkan oleh Google Spreadsheet? Beberapa fitur yang ditawarkan adalah mudahnya melakukan analisis data, penghitungan anggaran, pembuatan rencana kerja, dan pembuatan jadwal kerja. Selain itu, Google Spreadsheet juga digunakan secara online sehingga tidak akan memakan ruang harddisk. Pemilik usaha bisa berkolaborasi dengan staf terkait melalui Google Spreadsheet dengan mudah. Sehingga, proses koordinasi dalam perusahaan akan semakin baik.

Aplikasi Android lain yang bisa digunakan untuk mendukung bisnis adalah Zoom. Aplikasi ini berguna bagi suatu perusahaan yang ingin melakukan meeting koordinasi dengan staf secara online. Sehingga, meskipun para staf tidak ada di perusahaan, mereka tetap bisa berkomunikasi satu sama lain dan melakukan koordinasi demi mendukung kemajuan perusahaan. Selain Zoom, aplikasi lain yang juga bisa digunakan untuk meeting secara online adalah Google Meet. Kelebihan dari Google Meet adalah sistem keamanannya lebih terjamin serta terintegrasi dengan akun Google.

Aplikasi lain yang bisa digunakan pada ponsel Android dan mendukung kemajuan bisnis adalah WhatsApp Business. Aplikasi ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan WhatsApp personal. Akan tetapi, ada beberapa fitur yang hanya tersedia pada mode bisnis saja. Sehingga, para pebisnis bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengembangkan bisnis mereka. Para pebisnis bisa mencantumkan profil mengenai produk atau perusahaan, foto dan video, serta lokasi dari perusahaan. Hal tentu akan memudahkan para klien yang ingin mengetahui informasi tentang perusahaan tersebut.

Aplikasi Android lainnya yang bisa digunakan untuk mendukung bisnis adalah Asana. Aplikasi ini bertindak sebagai task manager. Pemilik usaha bisa mengirimkan pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan kepada para staf melalui Asan. Selain itu, pemilik usaha juga bisa mengirimkan lampiran pendukung tugas tersebut dan memberikan komentar mengenai progress pekerjaan. Sehingga, pekerjaan akan lebih cepat selesai karena menggunakan fitur dari Asana.

Bekerjasama dengan Maklon Kosmetik

Saat ini, bisnis kosmetik merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang menggunakan kosmetik sehingga permintaan produk kosmetik semakin besar. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan peluang ini dengan menjual berbagai macam produk kosmetik. Untuk menjamin keamanan dan formulasi produk kosmetik, mereka menggunakan jasa dari perusahaan maklon kosmetik. Perusahaan ini menyediakan jasa pembuatan formulasi kosmetik yang aman dan sesuai dengan fungsinya. Selain itu, para pemilik usaha juga bisa mengembangkan usaha mereka dengan menggunakan aplikasi penunjang bisnis.