Bagaimana Cara Scan di Printer yang Mudah?

Printer merupakan salah satu alat yang memiliki banyak fungsi. Umumnya, printer digunakan untuk mengeprint dokumen maupun foto. Beberapa printer bisa digunakan untuk print hitam – putih maupun berwarna. Selain itu, printer juga memiliki fungsi yang lain. Salah satunya adalah untuk scanning beberapa dokumen maupun foto. Umumnya, printer yang bisa melakukan proses scanning merupakan all in one printer atau multifunction printer. Fungsi scanning dari printer tersebut memungkinkan pengguna untuk bisa menscan beberapa dokumen dengan lebih mudah. Sehingga, mereka tidak perlu membeli alat scanner secara terpisah. Mereka hanya perlu memaksimalkan fungsi dari all in one printer yang mereka miliki. Hal ini tentu akan membantu pengguna untuk lebih hemat dalam menghemat anggara alat – alat.

Cara Scan di Printer Lewat USB

Untuk melakukan scan di printer dan memindahkan file scan ke komputer, pengguna bisa menggunakan kabel USB maupun sharing printer – komputer. Hal ini bergantung dengan tipe printer yang dimiliki. Selain itu, setiap merek printer juga memiliki cara yang berbeda. Beberapa printer memiliki aplikasi khusus untuk bisa melakukan scan dokumen. Oleh karena itu, pengguna printer yang ingin melakukan scan dokumen dengan printer perlu memahami manual dari masing – masing printer. Salah satu printer yang sering digunakan untuk scan dokumen adalah printer Epson. Merek printer ini memiliki aplikasi pemindai printer yang bisa digunakan untuk mengatur file hasil scan.

Pengguna yang ingin melakukan scan pada printer Epson dapat memasukkan dokumen yang di scan ke dalam printer. Posisi halaman dokumen yang akan di scan harus menghadap ke bagian kaca dalam printer. Setelah itu, pastikan jika printer Epson sudah terhubung dengan komputer. Kemudian, pengguna bisa membuka aplikasi Epson Scan yang sudah terinstal di dalam komputer. Setelah itu, aplikasi Epson Scan tersebut dijalankan. Nantinya akan muncul jendela pengaturan scan yang memungkinkan pengguna untuk mengatur hasil scan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Setelah itu, pengguna bisa menekan tombol Scan pada aplikasi Epson Scan. Maka, proses scanning akan mulai berjalan. Setelah proses scanning selesai, pengguna bisa mencari dokumen hasil scanning di folder My Document yang ada di dalam komputer tersebut. Maka, proses scanning dengan menggunakan printer Epson telah selesai dilakukan.

Cara Scan di Printer Lewat Wifi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proses scanning menggunakan printer bisa dengan dua cara yaitu menggunakan kabel USB dan sharing komputer. Cara yang disebutkan diatas merupakan cara print dengan menggunakan kabel USB. Sedangkan cara sharing dapat dilakukan dengan berbagai pilihan yaitu sharing printer dengan Wi-Fi, sharing printer dengan Cloud atau aplikasi lain, dan sharing printer dengan Windows atau Mac. Pengguna bisa memilihnya berdasarkan spesifikasi perangkat yang dimiliki. Selain itu, pengguna harus memastikan bahwa perangkat yang digunakan sudah terinstal dengan driver printer tersebut. Pengguna bisa menemukan berbagai macam file driver di website tempat download driver printer terbaru.

Salah satu proses scanning melalui sharing printer yang sering dilakukan sharing dan printing melalui Cloud. Hal pertama yang dilakukan adalah jalankan aplikasi Google Chrome. Selanjutnya, buka menu Settings. Setelah itu, pengguna bisa memilih menu Show Advanced Settings. Pilih menu Google Cloud Print dan klik tombol Manage. Kemudian klik Add Printer dan tambahkan printer yang ingin dihubungkan dengan komputer tersebut. Setelah itu, pengguna bisa melakukan proses scanning seperti yang telah dijelaskan di atas. Cara ini sering digunakan karena lebih praktis.