Menelisik Kejayaan Sejarah Kerajaan Mataram Islam

Era Mataram bisa dibagi ke dalam dua tahap, yakni Mataram Kuno dan Mataram Islam. Sejarah Kerajaan Mataram Islam sangat menarik dibahas. Selain menjadi salah satu tonggak penyebaran islam di Jawa, kerajaan satu ini juga yang berhubungan langsung dengan Belanda. Ini dia beberapa uraian kejayaan hingga keruntuhannya.

Kejayaan Kerajaan Mataram Islam yang Besar

Mataram Islam atau orang Arab menyebutnya Daulat Nuubil Mataram, merupakan salah satu kesultanan besar di Jawa. Pendiriannya dimulai sejak pertengahan abad ke-16 hingga berhasil berdaulat penuh di akhir abad ke-16. Ini dia ulasan selengkapnya.

  • Abad ke-16 sejak mulai berdiri merupakan awal-awal puncak kejayaan Mataram Islam.
  • Pemerintahan pada masa kejayaan tersebut berada di tangan Anyakrakusuma. Negara islam ini menjadi yang terkuat di Jawa.
  • Penyatuan wilayah mulai dari sebagian besar pulau Jawa, seluruh Madura, hingga Kalimantan Barat menjadi bukti kejayaannya.
  • Hubungan perdagangan pun terjalin hingga ke Kerajaan Belanda.
  • Serikat Dagang Hindia Timur dilarang keras mendirikan loji perdagangan oleh Raja Anyakrakusuma. Hal inilah yang membuat kejayaannya terus melejit.

Awal Keruntuhan Kerajaan Mataram Islam

Hampir setiap kerajaan memiliki masa kejayaan hingga kemunduran. Era kerajaan Mataram Islam pun tak lepas dari fase demikian. Keruntuhannya dilatar belakangi oleh politik adu domba yang dilancarkan Hindia Belanda. Inilah pembahasannya.

  • Kerajaan Mataram Islam dulunya membangun kerja sama diplomatik dengan kerajaan Belanda. Kedua negara bahkan saling mengirim utusan.
  • Tidak diizinkannya pembangunan serikat dagang Belanda di wilayah Mataram membuat hubungan Belanda dan Mataram melemah.
  • Hal inilah yang mendasari keruntuhan Mataram Islam menjadi protektorat Belanda.
  • Sampai akhirnya terciptalah Perjanjian Giyanti. Perjanjian ini kemudian membagi Mataram ke dalam dua wilayah. Wilayah tersebut adalah Nagari Kasunanan Surakarta dan Nagari Kasultanan Yogyakarta. Perjanjian inilah yang menandai berakhirnya kejayaan Mataram.

Itu dia sekilas tentang sejarah kerajaan Mataram Islam. Sejak awal berdiri hingga berakhirnya masa kejayaan, tentu ada banyak hikmah yang bisa diambil. Salah satunya adalah kewaspadaan akan politik adu domba.