Cara Meredakan Nyeri Haid Hari Pertama

Dismenore selalu menjadi masalah yang mengkhawatirkan bagi banyak perempuan karena setiap periode menstruasi mereka tidak akan mengetahui apakah nyeri haid biasa saja atau sangat sakit. Karena itu, berikut ini akan kamu berikan beberapa cara meredakan nyeri haid hari pertama dengan efektif.

Oleskan air hangat ke perut

Saat Kamu mengalami nyeri haid, Kamu bisa mengambil air hangat ke dalam gelas atau botol karet dan mengoleskannya ke perut bagian bawah. Ini adalah pereda nyeri yang banyak diterapkan orang karena air hangat akan membantu rahim berkontraksi lebih berirama, membuat darah menstruasi lebih mudah untuk keluar, membantu meredakan nyeri.

Oleskan jahe

Kamu bisa menggunakan jahe segar, setelah itu kamu haluskan atau dipotong-potong kecil jahenya lalu dioleskan ke bagian perut bawah selama kurang lebih 5-7 menit. Panas yang dihasilkan jahe dapat membantu meredakan nyeri haid hari pertama dan membuat Kamu lebih nyaman.

Pijat lembut

Gerakan pijatan lembut di perut bagian bawah bisa membantu otot perut menjadi lebih rileks, dan mengurangi nyeri haid ย hari pertama yang mendadak.

Pijatlah area perut Kamu searah dengan jarum jam, lakukan pijatan perlahan dengan tekanan sedang selama sekitar satu menit. Kamu juga bisa mengoleskan minyak kayu putih untuk mengurangi rasa sakit dengan lebih cepat.

Yoga

Melakukan yoga juga merupakan cara meredakan nyeri haid hari pertama yang sering dilakukan wanita. Lakukan gerakan yoga sederhana yang bisa kita praktikkan dengan mudah seperti menekan kaki ke dinding, bernapas secara merata dan sehingga membuat tubuh rileks sehingga dapat membantu meredakan nyeri haid hari pertama dan membuat nyeri haid lebih ringan di siang hari.