Ciri Ciri Kosmetik Berbahaya yang Perlu Diperhatikan

โ€”

by

in

Kosmetik merupakan perias wajah yang banyak digunakan agar wajah terlihat cantik dan rupawan. Namun, ada banyak oknum nakal yang menggunakan bahan-bahan berbahaya dalam produk kosmetiknya demi menekan biaya produksi yang dikeluarkan. Agar terhindar dari kosmetik dengan kandungan berbahaya, yuk kenali ciri ciri kosmetik berbahaya berikut ini.

7 Ciri Kosmetik dengan Kandungan Berbahaya

  1. Adanya Bau Logam

ciri ciri kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya yang pertama adalah memiliki bau logam. Bau logam dalam kosmetik berbahaya ditimbulkan dari adanya kandungan merkuri di dalamnya. Kandungan merkuri ini sangat berbahaya untuk tubuh sehingga tidak boleh digunakan meski hanya untuk bagian kulit.

Namun, beberapa oknum nakal terkadang memberikan pewangi pada kosmetik kosmetik berbahaya. Pemberian pewangi ini berguna untuk menyamarkan bau logam dari merkuri yang digunakan pada produk kosmetik tersebut. Untuk itu, Anda perlu mencermati bau dari produk kosmetik dengan teliti.

  1. Sulit Meresap

Selanjutnya, tanda-tanda bahwa suatu produk kosmetik berbahaya adalah adanya rasa lengket. Produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya biasanya terasa lengket saat digunakan. Tidak hanya terasa lengket saat digunakan, produk kosmetik dengan kandungan yang berbahaya biasanya juga sulit meresap ke kulit.

  1. Warna yang Mencolok

Kemudian, ciri ciri kosmetik berbahaya yang selanjutnya dapat dilihat dari warna produk tersebut. Perhatikan apakah warna dari produk kosmetik tersebut terlalu mencolok hingga tidak wajar atau tidak. Jika iya, kemungkinan besar produk kosmetik tersebut menggunakan bahan pewarna berbahaya, seperti pewarna tekstil, sehingga harus dihindari.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, produk-produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan yang aman dan tidak berbahaya biasanya menggunakan bahan-bahan alami dalam pembuatannya. Karena bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami, kosmetik aman biasanya memiliki warna yang cenderung pucat.

  1. Klaim Perubahan Instan

Salah satu tanda lain bahwa produk kosmetik tersebut berbahaya dapat dilihat dari klaim dan janji-janjinya. Umumnya, produk-produk kosmetik yang berbahaya ini kerap kali menjanjikan hal-hal yang tidak masuk akal. Contohnya saja kulit langsung putih, cerah, dan berseri dalam sekali pakai, yang tentu tidak mungkin jika tidak menggunakan bahan-bahan yang aman.

  1. Menyebabkan Kulit Iritasi

Ciri-ciri bahwa kosmetik memiliki kandungan berbahaya yang selanjutnya adalah kulit menjadi iritasi. Kulit yang tiba-tiba menjadi iritasi ini dapat dilihat setelah pemakaian jangka panjang produk kosmetik berbahaya tersebut. Namun, ada juga yang segera langsung mengalami reaksi iritasi kulit ini, sehingga tergantung pada kondisi kulit masing-masing.

Selain membuat kulit menjadi iritasi, kandungan-kandungan yang berbahaya dalam suatu kosmetik juga mampu membuat tekstur kulit berubah. Selain itu jenis kulit juga dapat berubah, misalnya saja dari jenis kulit normal menjadi sensitif. Kosmetik berbahaya juga dapat membuat kulit terasa terbakar saat diaplikasikan. Jadi, pastikan membeli produk asli atau produk dari maklon kosmetik terpercaya.

  1. Tidak Terdaftar BPOM

Ciri ciri bahwa kosmetik tersebut berbahaya yang selanjutnya adalah tidak terdaftar di BPOM. Saat menggunakan produk kosmetik, ada baiknya untuk memilih produk yang memiliki logo BPOM pada kemasannya. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa nomor BPOM yang tertera di website atau situs resmi BPOM.

  1. Warna Mengkilap

Terakhir, tanda bahwa kosmetik berbahaya adalah warnanya yang terlalu mengkilap. Perhatikan apakah produk kosmetik yang digunakan memiliki warna mengkilap yang berlebihan atau tidak. Atau, perhatikan juga apakah produk tersebut memiliki warna mengkilap yang tidak mudah hilang.

Nah, itulah 7 ciri ciri kosmetik berbahayaย yang perlu diperhatikan. Jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan seperti di atas, lebih baik jangan pernah digunakan karena akan menyebabkan berbagai hal berbahaya, baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit wajah.