Gunung Agung

—

by

in

Gunung Agung adalah termasuk dalam kategori gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggia 3.142 meter di atas permukaan laut. Secara administratif gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Provinsi Bali. Di lereng gunung Agung terdapat Pura terpenting di Bali, yaitu Pura Besakih.

Gunung Agung termasuk dalam tipe stratovulkan, gunung ini memiliki kawah yang besar dan sangat dalam hingga terkadang mengeluarkan asap dan uap air. Jika dilihat daei dari Pura Besakih Gunung Agung tampak seperti kerucut runcing sempurna, namun faktanya puncak gunung ini memanjang dan mempunyai kawah yang melingkar dan lebar.

Di sebelah timur puncak Gunung Agung kita melihat puncak Gunung Rinjani, di sebelah selatan  kepulauan Nusa Penida beserta pantainya seperti pantai Sanur serta danau Batur di sebelah barat laut.

Menurut kepercayaan masyarakat Hindu di Bali, Gunung Agung merupakan tempat bersemayamnya para dewa dan tempat istana dewata berada. Oleh karenanya, masyarakat Bali menjadikan tempat ini sebagai tempat yang disucikan.

Menurut kepercayaan, bahwa letusan Gunung Agung pada tahun 1963 merupakan peringatan dari Dewata. Dalam catatan sejarah, Gunung Agung dan Pura Besakih adalah fondasi awal terciptanya masyarakat Bali.

Bagi yang ingin mendaki Gunung Agung, dapat dimulai dari tiga jalur pendakian yaitu :

  1. Jalur selatan : dari kecamatan Selat kabupaten Karangasem dengan basecamp di Pura Pasar Agung lewat pasar Selat.
  2. Jalur Tenggara : dari Budakeling melalui Nangka
  3. Jalur Barat Daya: jalur pendakian ini yang paling umum digunakan, dari Pura Besakih kecamatan Rendang, kabupaten Karangasem.

Perlu diingat bahwa Gunung Agung dianggap suci oleh masyarakat Bali, maka dari itu jika ingin mendaki perlu menghormati kepercayaan tersebut dengan tidak membawa bahan makanan yang berbahan daging sapi.