Contoh Zat Aditif Makanan yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh

โ€”

by

in

Zat aditif merupakan suatu zat tambahan makanan yang biasanya berguna untuk menjaga kesegaran, melembutkan tekstur makanan, hingga meningkatkan rasa makanan. Ada berbagai macam zat aditif pada makanan. Ada yang aman, ada pula yang berbahaya untuk tubuh. Untuk itu, yuk ketahui zat aditif makanan yang aman bagi kesehatan tubuh.

3 Zat Aditif yang Aman untuk Kesehatan

  1. MSG

MSG atau monosodium glutamate merupakan salah satu zat aditif yang banyak digunakan pada makanan. MSG ini banyak digunakan karena membuat makanan, baik makanan kemasan maupun makanan buatan sendiri, menjadi lebih gurih dan sedap. Meski aman, tentu konsumsi MSG ini harus secukupnya dan tidak berlebihan.

  1. Natrium Nitrit

Zat aditif makanan yang aman bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah natrium nitrit. Natrium nitrit merupakan zat aditif yang berguna untuk mengawetkan daging olahan agar tidak ada bakteri yang tumbuh dalam daging tersebut. Batas aman penggunaan natrium nitrit untuk daging adalah 30 mg/kg.

  1. Sirup Jagung Fruktosa

Zat aditif yang aman untuk kesehatan selanjutnya adalah sirup jagung fruktosa. Sirup jagung fruktosa ini merupakan salah satu pemanis alami yang banyak digunakan karena aman, selain isomalt, maltitol, xylitol, hingga glikosida steviol. Zat aditif ini banyak ditemukan di permen, jus, minuman, soda, dan makanan ringan lainnya.

Itulah 3 contoh zat aditif makanan yang aman bagi kesehatan tubuh.ย Meski zat-zat aditif yang telah disebutkan tersebut aman untuk tubuh, tetap saja pemakaian untuk setiap makanan biasanya memiliki kadar tersendiri agar tidak menimbulkan efek samping atau dampak berbahaya bagi yang mengkonsumsinya.